Selasa, 27 April 2010

VIRUS AKAL BUDI

VIRUS AKAL BUDI

Pemikiran anda tidak selalu merupakan gagasan asli anda sendiri, anda menangkap gagasan anda tertulari pemikiran langsung dari orang lain atau tidak langsung dari Virus Akal Budi,kita kadang-kadang kurang senang dikatakan tidak mampu mengendalikan pikiran kita.gagasan yang tidak disukai sulit di pahami. Begitu juga dega tulisan saya ini, lantas apa maksud da tujua tulisa saya ini, ini merupakan bukan suatu kebenara yang akan saya sampaikan,namun bagaimana virus akal budi bekerja di dunia pikiran kita,sehingga bisa jadi rujukan pemikiran kita kembali untuk bisa menciptakan kehidupan manusia yang lebih baik bagi umat manusia.

“hana keubenaran yang beutoi-beutoi kebenaran, Seulaen siteungeh dari yang beutoi, Barang sigasou yang kheun atawa pakek seubago kebenaran mutlak nyan keuh syaitan.

(tidak ada kebenaran mutlak,yang ada hanya setengah kebenaran,yang memperlakukan sebagai kebenaran mutlak itu adalah syaitan)

Pada zaman dahulu kala, muncullah organisme jenis baru melalui evolusi. benda itu mempunyanyi sifat yang tidak lazim,sehingga bisa menyusup kedalam fasilitas reproduksi organism-organisme lain, memanfaatkan untuk menggandakan dirinya. makhluk ini kita namakan virus. Virus hidup di tiga dunia,yang pertama dunia hayati ,dunia organisme, dunia manusia, flora dan faun. Disinilah virus pertama kali ditemukan: tembakau terjangkit virus, demikian juga kita. Ragam virus biologi yang hidup di bumi, juga masing-masing salinannya, tak terbilang banyaknya virus-virus ini selalu menjadi penyebab berbagai penyakit manusia paling mematikan dan sukar disembuhkan.

Dunia kedua tempat virus hidup adalah dunia computer, jaringan computer, data dan pemograman, yang diciptakan oleh manusia. Di dunia computer, virus bukan lagi ditemukan, virus diciptakan –diprogram.

Dunia ketiga adalah dunia pikiran, dunia budaya, dunia gagasan. Didunia inilah pergeseran paradigm berlangsung. Dari model budaya yang kuno yang degerakkan oleh serna penaklukkan dan inovasi. Virus akal budi ditemukan sekaligus diciptakan. Virus-virus ini bisa berevolusi secara alami atau sengaja diciptakan. Pada tahun 1978 disatu dusun di kota Guyana suatu komunitas masyarakat yang yang hidup sangat guyub ramai-ramai bunuh diri dengan menenggak campuran sianida, valium, dan Fla-Vor-Aid. Mereka tau bakal tewas tetapi apa lagi yang mereka tau kita Cuma bisa menebak-nebak, namun di zaman kita ini masih juga terjangkit virus semacam itu. Semua karya manusia, apakah sastra, music, lukisan, selalu merupakan potret penciptaannya (Every man’s work, whether it bi literature or music or fictures or architecture or anityng else, is always a portrait of himself: (Richard Brodie,1996.)

Meme (tiruan buadaya) dengan memengaruhi akal budi orang begitu rupa, sehingga orang lain terjangkiti meme itu, bila berada dalam akal budi kita, meme bisa dengan serta-merta memengaruhi perilaku kita. Seolah –olah semua perilaku kita dikendalikan oleh kombinasi antara perintah DNA kita dan pemograman mental yang kita dapatkan ketika berajak dewasa. Ada kecenderungan-kecendrungan dalam diri kita yag kita miliki karena kita adalah produk alam,beberapa diantaranya adlah dorongan seks,keinginan untuk bernafas makan dan tidur atau yag sering kita beri istilah naluri. Pada zaman modern,naluri-naluri prasejarah itu sering tidak lebih berguna dari pada naluri seekor rusa untuk diam mematung ditentang sorot lampu mobil yang mendekat. Beruntung kita punya pikiran sadar mengesampingkan naluri kita dan mengarahkan upaya mencapai kebahagiaan. Apapun yang dilakukan orang bukanlah dorongan naluri adlah hasil pemograman.pemograman kita adalah meme. Kalau kita kuliah,barangkali kita lakukan karena ingin di didik, kata lain ingin di program, dengan sekumpulan meme yang akan mendukung keberhasilan hidup anda.dengan kuliah kita mendapatkan pemikiran dan perilaku tertentu yang tidak akan kita peroleh andai kita mengikuti naluri. Kebanyankan meme yang mengendalikan orang diperoleh dengan tanpa sadar,meme itu menjankiti kita begitu saja,dan tahu-tahu kita hidup menurut pemograman mereka,pemeograman semacam itu meliputi;

a. Pendidikan agama

b. Contoh yang diberikan orang tua bagaimana membina hubungan yang baik dan apa saja yang tidak boleh dilakukan

c. Tayangan televise, buku, dan iklan yang kita tonton

Alam semesta penuh dengan segala macam barang, tapi apapun pendapat kita tentang barang-barang itu semuanya hanya konsep belaka, si A misalkan slah satu suku yang ada di aceh karena kita mencipatakan beberapa pembeda –meme- yang mebagi wilayah tersebut, si A suku ini karena kita terprogram seperti itu,ketika kita tidak punya meme tentang itu,suku itu tidak lebih dari debu semata. Demikian juga bumi Cuma pembeda –meme- yang kita ciptakan tepat rasanya meletakkan batas-batas disekeliling kita.

Pergeseran paradigma

Sewaktu-waktu dunia ilmu pengatahuan mengalami apa yang disebut pergeseran paradigma. Hal ini timbul bila asumsi pokok dan mendasar yang digunakan berubah,seperti ketika kita tidak lagi menganggap alam semesta berputar mengintari bumi melaikan bumi mengelilingi matahari,pergeseran juga terjadi ketika Albert Einstein menemukan hubungan antara ruang dan waktu serta antara energy dan matahari. Yang harus kita terima setiap perubahan memerlukan waktu beberapa lama agar bisa diterima kalangan ilmiah dan lebih lama lagi diterima oleh masyarakat umum.

Virus akal budi dan segenap ilmu memetika memperlihatkan pergeseran paradigm yang penting dalam ilmu mengenai akal budi”

Pemahaman akan ilmu baru atau hal yang baru melibatkan hal yang mendasar pada cara orang berpikir mengenai akal budi dan kebudayaan. Kita mempelajari paradigma baru adalah menyingkirkan paradigma yang sudah ada ,dan jangan berusaha menyesuaikan pengetahuan yang baru itu dengan model yang ada.tidak bakal cocok! Sebagaimana kata Richard Brodie kalau anda mengesampingkan pemikiran anda cukup lama agar dapat mempertimbangkan empat konsep yang mungkin sebagian atau semuanya terasa baru

Ancaman terhadap Kemanusiaan

Virus akal budi tidak tersebar melalui bensin,seperti selesma,atau melalui hubungan Seks,seperti virus AIDS virus akal budi tidak berwujud virus akal budi tersebar karena hal-hal biasa sepertiberkomunikasi.bagaimana kita di program, virus akal budi beban atas kebebasan kita yang paling berharga:kebebasan berbicara,semakin besar kebebasan untuk berkomunikasi,semakin menyenangkan lingkungan itu untuk virus akal budi.

AKAN KULANJUTKAN…….

Tidak ada komentar: